Rabu, 15 Desember 2010

PERINTAH EDIT GAMBAR (AutoCAD)

Gbr. Toolbar Modify.


  1. ERASE
    Erase adalah perintah untuk menghapus satu atau sekumpulan obyek yang telah dibuat.

  2. COPY
    Copy adalah perintah untuk memperbanyak obyek atau menyalin satu / sekumpulan obyek.

  3. MIRROR
    Mirror adalah perintah untuk mencerminkan satu atau sekumpulan obyek, yaitu membuat obyek baru yang sama dengan obyek yang dipilih tetapi posisinya terbalik. Cara pembuatanya adalah dengan membuat dua titik di layar sebagai sumbunya ( cermin ). Posisi obyek baru tergantung dari posisi cermin tersebut.

  4. OFFSET
    Offset adalah perintah untuk menyalin obyek secara pararel. Selain bisa dimasukkan langsung jarak offsetnya, bisa juga dilakukan dengan cara menunjuk langsung di layar.

  5. ARRAY
    Array adalah perintah untuk menyalin atau memperbanyak secara massal dengan pola atau susunan yang teratur.

    Adapun Array ada dua jenis, yaitu :
    • Array Rectangular ( pola grid )
    • Array Polar ( pola melingkar ).

  6. MOVE
    Move adalah perintah untuk memindahkan suatu obyek atau sekumpulan obyek dari suatu tempat ketempat yang lain.

  7. ROTATE
    Rotate adalah perintah untuk memutar satu atau sekumpulan obyek dengan cara menentukan titik acuan ( base point ) sebagai sumbu putar, sedangkan sudut puternya bisa ditentukan dengan memasukkan angka melalui keyboard atau diklik langsung di layar.

  8. SCALE
    Scale adalah perintah untuk mengubah ukuran satu atau sekumpulan obyek (memperbesar maupun memperkecil) secara beraturan, dengan cara menentukan faktor skala. Apabila skala lebih besar dari 1 ( satu ), maka obyek akan diperbesar, tetapi apabila kurang dari 1 ( satu ) maka obyek akan diperkecil.

  9. STRETCH
    Stretch adalah perintah untuk mengubah sebagian dari obyek, baik memperbesar atau memperkecil. Adapun metoda yang digunakan untuk memilih obyek tersebut adalah crossing.

  10. LENGTHEN
    Lengthen adalah perintah untuk mengubah panjang garis atau busur. Ada beberapa metoda perubahan panjang, apakah delta panjang, panjang total, persentasi perubahan panjang maupun perubahan panjang secara dinamik.

  11. TRIM
    Trim adalah perintah untuk memotong obyek dengan menggunakan obyek pembatas.

  12. EXTEND
    Extend adalah perintah untuk memperpanjang obyek dengan menggunakan obyek pembatas. Adapun yang dimaksud dengan pembatas tersebut adalah obyek yang memiliki potensi untuk berpotongan dengan obyek yang akan diperpanjang.

  13. BREAK
    Break adalah perintah untuk memotong obyek tanpa obyek pembatas atau untuk memotong obyek yang berada diantara dua titik yang ditentukan.

  14. CHAMFER
    Chamfer adalah perintah untuk memangkas sudut atau untuk menghubungkan dua garis dengan garis lurus baru yang mempunyai kemiringan tertentu.

  15. FILLET
    Fillet adalah perintah untuk melengkungkan sudut atau untuk menghubungkan ujung-ujung dari dua buah obyek dengan sebuah busur.







3 komentar:

  1. stretch punyaku kok gak bisa untuk memanjangkan / mengecilkan ya? caranya biar bisa gimna ? terimaksahih

    BalasHapus
  2. Used ford fusion titanium - TITanium Art
    WOOD, remmington titanium SILVER & TUSTIUM MINES! The citizen super titanium armor original titanium price was titanium powder a solid aluminum-grade alloy of platinum. Tritonium alloy is a unique titanium magnetic alloy of tungsten.

    BalasHapus